Recent Posts

Senin, 11 Juni 2012

Bicara Magang

MAGANG




MAGANG=PKL=Praktek Kerja Lapangan=Momok mahasiswa


Inilah hal yang ditakuti mahasiswa, lebih tepatnya mahasiswa pas-pasan seperti saya ini ... T.T sedih
Banyak teman saya yang sudah bingung mencari tempat Magang. Berbondong-bondong, kawan saya berlomba mencari informasi keren tentang tempat magang...ada yang mau magang ditempat terkemuka, tempat bapaknya bekerja, dan tempat bergengsi lainnya. Hal inilah yang membuat mahasiswa cenderung stress mencari tempat magang . Takut gak diterima, takut yang dapat magangan dan takut tempat dia magang GAK KEREN KAYAK TEMENNYA. Magang adalah salah satu syarat magang saat menempuh semester akhir pada perkuliahan, dan itu syarat untuk maju Kolokium-TA(atau di jurusan perkuliahan lain disebut skripsi)

Dalam kegiatan magang, kita memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional. Pengalaman ini kemudian menjadi bekal dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya.
Mahasiswa juga dapat menambah wawasan mengenai dunia industri dan meningkatkan keterampilan serta keahlian praktek kerja.


Banyak kakak tingkat yang bilang seperti ini ke saya 

kakak tingkat (KT) : " lu dah dapet magangan ?"
saya (SY) : " belom mbak "
KT : " gimana sih lu ? ini udah bulan apaan ? magang lu semester depan yang notabene 2 bulan lagi "
SY : " belom disuruh mbak. apalagi, saya belom dikasih syarat dan ketentuan serta panduan magang dari dosen"
KT : "  haaassssssshhh..jangan ngikutin dosen ah. lu cepetan cari tempat sana. minta surat keterangan magang dari kampus. buruan gih"
SY " " iya mbak....ntar juga dapet ah"
KT : " terlalu gampangin banget sih lu ?"
SY : " ya gak gitu mbak. optimis aja , pasti dapet....apalagi saya masih ada kuliah juga. belum kelar...."
KT : " banyak yang ngajuin magang non. gak cuma UNS doang...tapi, dari penjuru nusantara ada magang. buruan nyari"
SY : " tau mbak..saya tahu.....saya udah mutusin beberapa perusahaan yang ingin saya masukin kok. tapi, saya nunggu kuliah berakhir dulu. biar plong tanpa ada beban tugas kuliah"
KT langsung ngloyor gitu aja sambil BBan ...
langsung pasang muka kecut, dalam hati ( sumpah nih mbak-mbak... rempong banget sih hidupnya....)

Saya tahu, kalo magang itu harus cepet-cepetan.  tapi, ya gak kayak gini juga kaliii.....jodoh itu gak kemana kok. ya, bukannya gampangin magang, tapi alangkah baiknya alon-alon asal kelakon. seabrek daftar perusahaan sudah ditangan... tinggal bikin surat magang aja. toh surat lamaran magang, cv sama portofolio sudah jadi kok. target gak perlu muluk-muluk ke perusahaan yang gede, terkenal dan begengsi. yang penting itu pengalaman. percuma kalo magang di perusahaan yang gede, cuma disuruh fotocopy sama bikin minuman. masa besok waktu bikin laporan magang, cuma ngandelin perusahaan bergengsi tapi cuma punya tugas fotocopy sama jadi OB dadakan ??? 
Tanya kakak tingkat tentang suka-duka magang udah...
cari tempat magangan di internet udah.....
bikin ini-itu buat syarat magang udah....
tanya pekerja di calon tempat magang udah.....
tinggal masukin lamaran, nyiapin nyali interview sama persiapan menghadapi dunia kerja aja. renacan sih, mau di Jakarta, 

Kenapa kudu Jakarta ?

ya pengen aja, mumpung udah dibolehin bapak-ibuk. alasan utama ya, pengen cari pengalaman kerja di Ibukota, kerasnya kerja diluar sana...pengen ngerti gimana program kerja yang dilakoni disana juga. apalagi, saya pengen magang di dunia periklanan. tahu kan dunia periklanan ? yang suka bikin iklan itu keren dan memikat hati para konsumen itu looohhh.....dari semua jenis mata kuliah yang ada, saya cuma tertarik pada dunia iklan/promosi, majalah serta film. bekerja dibelakang layar mungkin secara tidak langsung, saya sukai. Berangkat dari ketidak PDan saya juga sih. kreatif dan inovasi, merupakan kesukaan saya. Keahlian saya memang tak sekeren teman-teman yang bisa SUPERKEREN, namun saya menekuni bidang lainnya seperti  Layout'er dan sedikit keahlian saya dalam menciptakan sesuatu yang gila. cita-cita saya dekat-dekat ini yaitu menjadi Tim Kreatif dalam perusahaan. ketertarikan saya tentang dunia visual, sangat kental. persaingan memang berat, namun saya optimis, bila jodoh itu gak akan lari kemana. usaha dan tekad yang kuat selalu saya pegang teguh. tak peduli omongan orang lah :D

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Tigamata Brands Communication looking for Internship Graphic Designers.

Requirements: (1) Strong working knowledge (2) Experience using Adobe Creative Suite, including InDesign, Illustrator & Photoshop (3) A good understanding of all styles, designing for the web and digital applications as well as a sound understanding of file preparation for print

Please send or email your application letter, recent photograph, portfolio and other supporting documents to:

Tigamata Brands Communication Jl. M. Kahfi 1, No.90C Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620

Email: psyche.iqbiels@gmail.com & chattra.m@tigamata.com

P: 021-78837017

081316205245

Posting Komentar

Ok, silakan berkomentar tanpa menyinggung SARA ... Thanks before :)